Cara Masuk STAN

Cara Masuk STAN

Cara masuk STAN – STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara saat ini masih menjadi salah satu perguruan tinggi dengan minat pendaftar paling tinggi di Indonesia. Prospek kerja yang tinggi setelah lulus menyebabkan banyak calon peserta tertarik untuk masuk ke STAN. Beberapa cara masuk STAN pasti akan dilakukan dengan baik asalkan bisa memenuhi persyaratan dan diterima untuk masuk ke STAN.

Jaminan kerja setelah lulus menjadi magnet tersendiri bagi para lulusan SMA untuk kemudian melamar ke STAN. Puluhan ribu pelamar sudah pasti tercatat dari seluruh penjuru Indonesia untuk masuk dan mengikuti seleksi di STAN. Perlu strategi khusus dan cara tepat supaya Sobat MS menjadi salah satu pelamar yang lolos menjadi mahasiswa di STAN.

4 Cara Masuk STAN yang perlu kamu ketahui!

Persiapkan Persyaratan

Cara masuk STAN yang pertama adalah dengan melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan saat masuk ke STAN. Calon peserta harus lulusan SMA/SMK/Sederajat yang lulus pada tahun yang sama dengan tahun pendaftaran STAN dan maksimal satu tahun sebelum tanggal pendaftaran.

Nilai dari calon peserta juga harus memenuhi syarat yaitu minimal rata-rata rapor pada 5 semester yaitu semester ganjil dan genap kelas X, XI dan ganjil XII adalah 70,00 dari skala 100,00. Nilai rata-rata pada ijazah atau SKHUN juga harus memiliki nilai minimal 70,00 dari skala 100,00.

Pelamar harus berusia minimal 17 tahun dan maksimal 20 tahun pada tanggal pendaftaran masuk ke STAN. Tanggal yang digunakan untuk menghitung usia adalah tanggal yang tertera pada ijazah atau SKHUN pelamar.

Status perkawinan dari calon pelamar harus belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STAN. Peserta juga harus memiliki tubuh yang sehat dengan bukti bebas narkoba, psikotropia dan zat adiktif dari dokter resmi.

BACA JUGA  Masuk STAN Bayar Berapa

Mengikuti Alur Pendaftaran STAN

Cara masuk STAN yang kedua agar menjadi lebih mudah untuk bisa lolos adalah dengan mengikuti seluruh alur pendaftaran dengan baik dan benar. Tahapan pertama adalah melakukan registrasi PAAN-RB di website panitia penyelenggara. Isi formulir secara teliti dan lengkap supaya tidak terjadi kesalahan dalam verifikasi dan bisa langsung ke tahapan pendaftaran berikutnya.

Setelah melakukan registrasi secara online kemudian mengisi data diri pada formulir yang ada pada website Ujian Seleksi Masuk STAN. Dari pengisian ini kemudian Sobat MS akan mendapatkan kode MVA yang digunakan untuk pembayaran di bank Mandiri.

Setelah memastikan cara cara masuk STAN pada tahap registrasi dan pendaftaran terisi dengan benar dan komplet maka lakukan pembayaran dengan menggunakan MVA yang tadi didapat. Pembayaran sebesar Rp 250.000 hanya bisa dilakukan melalui bank Mandiri melalui tunai, ATM, e-bangking, m-banking dan lainnya.

Berikutnya Sobat MS tinggal mengecek jadwal verifikasi yang berhubungan dengan tempat dan tanggal kapan verifikasi dan pengambilan Bukti Peserta Ujian yang dibawa ketika ujian tertulis nanti. Saat verifikasi peserta harus datang sendiri dan tidak boleh diwakilkan oleh siapa pun. Sobat MS harus menyiapkan data diri, ijazah dan rapor untuk di cocokkan dan verifikasi data.

Persiapan Tahapan Ujian

Beragam tahapan ujian seleksi menjadi hal yang juga harus dicari tentang bagaimana cara masuk STAN. Empat tahapan seleksi tentu tidak bisa dihadapi secara enteng melainkan membutuhkan persiapan yang maksimal sejak jauh hari.

Tahapan pertama ujian seleksi masuk dengan melalui tes ujian tertulis. Tes ini akan menggali pengetahuan dari calon peserta melalui dua jenis soal yaitu Tes Potensi Akademik berjumlah 120 soal dengan tema seperti matematika, pola barisan, logika, analitik, pola gambar dan lainnya dan 120 soal tersebut harus diselesaikan dalam waktu 100 menit.

Semenjak Tahun 2018, sistem ujian STAN mengalami perubahan dari yang berbasis ujian tertulis menjadi berbasis computer (CAT).

Tes tertulis juga terdapat Tes Bahasa Inggris atau TBI. Soal TBI berjumlah 60 soal yang berhubungan tentang structure and written expression, error recognition, dan reading comprehension. Seluruhnya diselesaikan hanya dalam waktu 50 menit saja.

BACA JUGA  Bimbel STAN Terpercaya dan Terbaik

Tahapan tes tertulis memang menjadi satu tahapan yang paling banyak menyita calon peserta yang gugur sehingga jika Sobat MS ingin lolos harus benar-benar mempersiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal-soal. Terus gali potensi pengetahuan Sobat MS untuk bisa sampai pada tahapan berikutnya yaitu tahapan tes fisik.

Tes fisik ini dilakukan dengan pelamar harus lari selama 12 menit. Perlu kebugaran tubuh yang penuh supaya dapat melakukan lari dengan maksimal dan terlihat memiliki tubuh yang benar-benar sehat dan kuat. Tes terakhir adalah Tes Kemampuan Dasar yang hampir sama dengan tes tertulis.

Persiapkan Dengan Matang

Panjangnya alur pendaftaran hingga proses tes seleksi untuk masuk STAN tentu membuat Sobat MS harus benar-benar menyiapkan segalanya dengan matang jauh-jauh hari. Salah satu cara mempersiapkan diri dalam menghadapi USM STAN 2019 nanti adalah Sobat MS dapat mengikuti program yang disediakan oleh Masukstanid dan dapatkan berbagai fasilitas lengkap yang dapat menunjang belajar Sobat MS semua. Pastikan Sobat MS bergabung dengan www.masukstanid.com untuk menghadapi USM STAN ini.

Cara Masuk STAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *