Cara Pendaftaran Masuk STAN 2019

Bimbel STAN

Cara Pendaftaran Masuk STAN 2019 – Siapa sih yang gamau buat kuliah di kampus STAN? Melanjutkan pendidikan ke PKN STAN merupakan dambaan bagi sebagian besar pelajar di Indonesia. Selain jaminan kerja yang bagus, kuliah di universitas yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan tidak dikenakan biaya kuliah alias gratis. Oleh karena itu banyak dicari informasi mengenai cara pendaftaran masuk STAN 2019 menjelang dibukanya USM STAN. Menurut perkiraan, pendaftaran USM STAN akan dibuka pada bulan Maret tahun 2019 mendatang.

Bagi Sobat MS yang berminat untuk ikut USM STAN maka sebaiknya persiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh agar memperoleh nilai ujian yang bagus. Hal tersbut disebabkan karena batas nilai UN (Ujian Nasional) minimum yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara USM STAN adalah sebesar 70,00 dari skala nilai 100,00. Batas nilai ini ditetapkan agar calon mahasiswa STAN merupakan peserta dengan kemampuan akademik yang bagus. Selain nilai, masih banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi loh Sobat MS. Apa saja persyaratannya dan cara pendaftaran masuk STAN 2019? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Syarat dan Cara Pendaftaran Masuk STAN 2019

Syarat Masuk STAN

Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa STAN adalah nilai UN yang tertera di ijazah ataupun SKHUN minimal 70,00 dan bukan hasil dari pembulatan. Selain nilai masih ada juga syarat lain seperti pas foto berukuran 3 x 6 yang terbaru dengan background warna merah, melampirkan nilai rapor dari semester I hingga semester V serta mencantumkan nilai yang tertulis di ijazah, calon pendaftar sudah lulus SMA/Sederajat dan mengisi formulir pendaftaran secara online.

Calon Peserta USM STAN harus sehat secara jasmani dan rohani serta terbebas dan ketergantungan obat-obatan terlarang seperti narkoba. Peserta tidak mengalami gangguan buta warna namun masih diperbolehkan untuk penderita mata minus, plus ataupun silinder dengan syarat penggunaan kaca mata tidak lebih dari 2 dioptri. Tinggi badan minimal untuk calon peserta perempuan adalah 155 cm dan tinggi badan minimal untuk calon peserta laki-laki adalah 165 cm. Sedangkan batas usia minimal adalah 17 tahun dan maksimal 20 tahun per bulan September.

BACA JUGA  Kenapa Harus Masuk PKN STAN

Biaya pendaftarannya adalah sebesar Rp. 250.000 dan bisa disetorkan melalui teller Bank Mandiri ataupun melalui SMS Banking dan internet Banking. Ingat ya Sobat MS, setelah disetorkan biaya pendaftaran ini tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun.

Naah gimana Sobat MS? Sampai sini, sudah memenuhi semua belum persyaratannya?

Cara Pendaftaran Masuk STAN 2019

Setelah mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi berikutnya adalah bagaimana cara pendaftaran masuk STAN 2019. Berikut ini akan dibahas mengenai cara pendaftaran masuk STAN:

  1. Mengisi formulir pendaftaran secara online di situs usm.stan.ac.id. Setelah pendaftaran selesai biasanya Sobat MS akan menerima nomor rekening yang digunakan untuk tagihan pembayarannya.
  2. Setelah mendaftar secara online dan menyelesaikan pembayaran, calon peserta USM STAN harus melakukan verifikasi berkas dan mengambil BPU di lokasi ujian sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. Untuk yang satu ini sangat tidak boleh diwakilkan.
  3. Saat pendaftaran, Sobat MS harus menyerahkan bukti pendaftaran online atau BPO, fotokopi ijazah atau SKHUN (untuk pendaftar yang ijazahnya belum keluar) yang telah dilegalisir oleh sekolah yang bersangkutan, menyerahkan bukti pembayaran bank, pas foto berukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang warna merah dan mengenakan baju berwarna putih.
  4. Tunjukan juga identitas diri Sobat MS yang asli seperti KTP/SIM/SKCK/Ijazah/SKHUN yang masih berlaku.
  5. Peserta USM PKN STAN tidak diperkenankan mengubah lokasi verifikasi berkas, pelaksanaan ujian dan juga pengambilan BPU. Tempat verifikasi dokumen ini disesuaikan dengan pilihan lokasi tes tertulis USM STAN pada saat mendaftar.
  6. Apabila pendaftar tidak memenuhi semua kriteria di atas maka pihak penyelenggara USM STAN berhak untuk tidak melayani ataupun menganggap peserta tersebut telah gagal.

Tahapan USM STAN

Tidak hanya mengetahui cara pendaftaran masuk STAN 2019 saja yang penting untuk diketahui. Agar bisa memperhitungkan hal-hal apa saja yang nanti akan Sobat MS hadapi maka ketahui juga tahapan-tahapan dalam USM STAN. Tahap pertama adalah pastikan bahwa semua dokumen Sobat MS yang dijadikan syarat pendaftaran USM STAN sudah dipenuhi sebanyak 100%. Oleh karena itu teliti kembali dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan pendaftaran tersebut agar tidak ada ketinggalan dokumen.

BACA JUGA  Jurusan PKN STAN

Selanjutnya yang tidak boleh luput dari perhatian adalah tahapan ujian tertulis. Dari tahun ke tahun, sebanyak 95% peserta USM STAN gugur pada tahap ini. Hal ini disebabkan karena dalam waktu 150 menit Sobat MS harus mengerjakan sebanyak 180 butir soal. Hal ini berarti untuk setiap soal peserta tidak boleh melebihi satu menit dalam mengerjakannya. Untuk menghindari nilai mati, tiap peserta setidaknya harus menjawab 40 butir soal dengan benar.

Setelah melalui tes tertulis yang mampu menyisihkan 95% peserta maka sisa 5% peserta akan menghadapi tes fisik (khusus yang mengambil jurusan bea dan cukai). Tes fisik ini berupa lari mengitari lapangan sehingga apabila badan kurang sehat atau tidak siap maka akan gugur pada tahap ini.

Demikian informasi mengenai cara pendaftaran masuk STAN 2019,  untuk Sobat MS yang ingin lulus USM STAN maka sebaiknya persiapkan diri dengan matang karena USM STAN merupakan salah satu ujian yang paling sengit di Indonesia.

Salah satu cara mempersiapkan diri dalam menghadapi USM STAN 2019 nanti adalah Sobat MS dapat mengikuti program yang disediakan oleh Masukstanid dan dapatkan berbagai fasilitas lengkap yang dapat menunjang belajar Sobat MS semua. Pastikan Sobat MS bergabung dengan www.masukstanid.com untuk menghadapi USM STAN ini.

Cara Pendaftaran Masuk STAN 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *