Cara Pendaftaran STAN Secara Online

Bimbel STAN Terbaik

Cara Pendaftaran STAN Secara Online – STAN adalah salah satukampus yang diidam-idamkan oleh calon mahasiswa. Cara mendaftar sebagai peserta STAN sebenarnya tidak begitu sulit asalkan semua syarat sudah terpenuhi. Cara untuk mendaftar STAN sendiri bisa juga dilakukan secara online. Cara pendaftaran STAN secara online yaitu dengan cara masuk ke web resmi milik PKN STAN dan mengikuti langkah atau petunjuk yang ada disana. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara pendaftaran STAN secara online yang khusus akan dijelaskan oleh mimin MS.

Cara Pendaftaran STAN Online dan Keunggulan STAN

Cara Pendaftaran STAN SECARA ONLINE

  1. Pendaftaran online atau e-registration serta pemilihan Perguruan Tinggi Kedinasan atau singkatan dari (PTK) PKN STAN dilakukan melalui portal panselnas (Panitia Seleksi Nasional).
  2. Pengisian formulir e-registration dilakukan melalui portal PMB PKN STAN.
  3. Melakukan pembayaran pendaftaran.
  4. Melakukan verifikasi berkas serta pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU) di lokasi yang sudah ditentukan.
  5. Untuk registrasi peserta dan pemilihan PKN STAN dilakukan melalui situs resmi di http://www.panselnas.co.id sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan disana.
  6. Mengisi formulir pendaftaran online atau e-registration PMB PKN STAN di situs http://www.pmb.pknstan.ac.id sesuai dengan tanggal yang tertera.
  7. Calon peserta yang sudah mengisi formulir pendaftaran secara online akan mendapatkan kode Mandiri Virtual Account (MVA).
  8. kode MVA ini akan digunakan sebagai media untuk melakukan pembayaran sebagai biaya pendaftaran sesuai dengan periode pembayaran yang ada di situs resmi.
  9. Biaya pendaftaran ditransfer melalui seluruh cabang Bank Mandiri yang ada di Indonesia dengan setoran tunai, ATM, e-Banking, m-Banking serta memperhatikan beberapa tata cara pembayaran di situs http://www.pmbpknstan.ac.id menggunakan kode MVA yang sudah didapatkan.
  10. Pastikan bahwa calon peserta telah memenuhi syarat sebelum melakukan pembayaran. Karena jika uang sudah di setorkan ke rekening melalui Bank Mandiri untuk biaya pendaftaran tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun.

Alur Pendaftaran STAN

  1. Bagi calon peserta yang sudah melakukan pembayaran sebagai biaya pendaftaran PKN STAN dan sudah mengisi formulir pendaftaran secara online atau e-registration maka peserta tersebut berhak untuk mengikuti verifikasi berkas dan pengambilan BPU.
  2. Untuk jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU peserta bisa dilihat di situs http://www.kemenkeu.go.id atau di situs http://www.pknstan.ac.id dan bisa juga dilihat di situs http://bppk.kemenkeu.go.id.
  3. Bagi calon peserta yang sudah membayar biaya pendaftaran maka wajib untuk melakukan verifikasi berkas dan pengambilan BPU sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dari web PKN STAN.
  4. Verifikasi berkas dan pengambilan BPU tidak bisa diwakilkan oleh siapapun, dan harus dilakukan sendiri oleh calon peserta.
  5. Menunjukkan hasil cetak BPO (Bukti Pendaftaran Online).
  6. Menunjukkan ijazah asli namun bagi lulusan tahun 2018 yang belum memiliki ijazah asli bisa menggunakan rapor asli.
  7. Menunjukkan bukti pembayaran biaya pendaftaran STAN secara online dari Bank Mandiri.
  8. Menunjukkan pas foto ukuran 4 x 6 berlatar belakang merah dan mengenakan kemeja putih sebanyak 3 lembar.
  9. Khusus bagi calon peserta yang lulus pada tahun 2018 dan menggunakan rapor sebagai bukti diri, maka wajib untuk menunjukkan rapor lengkap yang terdiri dari data diri asli berfoto serta nilai-nilai tiap semester.

Tempat verifikasi dan pengambilan BPU harus sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Bagi calon peserta tidak berhak untuk mengajukan perubahan jadwal dalam verifikasi berkas dan pengambilan BPU.

Syarat Masuk STAN

Setelah mengetahui bagaimana cara pendaftaran STAN secara online, saatnya Sobat MS mengetahui apa saja syarat untuk masuk STAN. Untuk calon peserta yang akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa STAN harus memiliki nilai rata-rata minimal 70,00 dengan skala 100,00. Nilai tersebut bukan merupakan nilai dari hasil pembulatan.

Calon peserta harus berbadan sehat dan terbebas dari narkoba, psikotropika serta zat adiktif lainya. Hal tersebut harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter. Setiap calon peserta PKN STAN harus belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah sampai proses pendidikan di STAN selesai.

Keunggulan STAN

Setelah mengetahui cara pendaftaran STAN secara online dan syarat masuk STAN, kini saatnya Sobat MS harus mengetahui apa saja keunggulan STAN. PKN STAN adalah sekolah tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Negara. Semua lulusan STAN akan disalurkan untuk bekerja di Kantor Kementerian Keuangan Negara terdekat yang sedang membutuhkan tenaga kerja.

Setiap mahasiswa STAN dijamin akan menjadi PNS. Hal tersebut sangat menjamin masa depan dari semua mahasiswa STAN. Saat melaksanakan proses pendidikan, semua mahasiswa STAN akan difasilitasi dan dibiayai oleh pemerintah hingga proses pendidikan selesai.

Demikian informasi mengenai cara pendaftaran STAN secara online,  untuk Sobat MS yang ingin lulus USM STAN maka sebaiknya persiapkan diri dengan matang karena USM STAN merupakan salah satu ujian yang paling sengit di Indonesia.

Salah satu cara mempersiapkan diri dalam menghadapi USM STAN 2019 nanti adalah Sobat MS dapat mengikuti program yang disediakan oleh Masukstanid dan dapatkan berbagai fasilitas lengkap yang dapat menunjang belajar Sobat MS semua. Pastikan Sobat MS bergabung dengan www.masukstanid.com untuk menghadapi USM STAN ini.

Cara Pendaftaran STAN Secara Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *